oleh

Virus Corona Menyebar Bupati Gelar Rapat Khusus

Melonguane – Tabloidjejak.co.id. Bupati dr. Elly Engelbert Lasut, M.E. bersama Wakil Bupatinya Moktar Arunde Parapaga, Kepala Badan/ Dinas, Camat dan Kapus sekabupaten Kepulauan Talaud bersama Forkompinda, mengadakan rapat terkait merebaknya wabah virus corona atau yang disebut COVID-19, Senin (16/03/2020) di ruang rapat Bupati.
Menurut Bupati yang juga merupakan seorang Dokter ini, “Kepulauan Talaud merupakan Kabupaten yang berada di wilayah Utara NKRI, sepatutnya harus lebih meningkatkan kewaspadaan menyangkut virus yang mematikan ini, terutama dengan warga asing yang bisa sewaktu-waktu masuk lewat perbatasan Miangas. Meskipun belum adanya kasus seperti di Manado, tapi kita tidak boleh terlena dan menganggap remeh kejadian ini,” ugkap Bupati Talaud.
Bupati kemudian memerintahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Talaud dr. Dolfi K. Monangin untuk waspada serta mengantisipasi dengan mempersiapkan strategi Surveilans Covid 2019 di Kabupaten Kepulauan Talaud, “seperti, Screening di pintu masuk, Surveilans di wilayah tertentu, pencegahan penyebaran, fasilitas rujukan, kesiapan dana APBD untuk kegiatan emergency ini,” tandasnya.
Kepada Dinas Kominfo, Bupati Talaud memerintahkan untuk membuat himbauan kepada masyarakat Talaud terkait penanganan virus corona serta himbauan penggunaan masker pelindung. Dirinya juga perintahkan kepada Dinas Pendidikan dan Olahraga untuk meliburkan murid sesuai petunjuk Provinsi dengan catatan memberikan tugas di rumah dan guru yang disekitar rumah murid memantau tugas yang dikerjakan di rumah. Serta bekerja sama dengan kepala Desa untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah termasuk ruang kelas serta sarana dan prasarana dengan anti septik.
Diketahui terkait COVID 19 di Kabupaten Talaud, hanya pemantauan saja dari Dinas Kesehatan kepada 4 warga Melonguane yang baru pulang dari negara Thailand.**

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed