oleh

Tim Tarsius dan Tim Opsnal Intelkam Polres Bitung Pimpinan AIPDA Denhar Papente Rinkus Spesialis Curanmor

BITUNG – Tabloidjejak.co.id. Kolaborasi Tim Tarsius Opsnal Intelkam Polres Bitung dibawah pimpinan Ka. Tim Resmob Aipda Denhar Papente, Selasa (16/11/20210 jam 22.00 wita, akhirnya berhasil menangkap residivis special curanmor RP alias Petu di Kel. Paniki Bawah Kec. Mapanget kota Manado.

Perburuan yang dilakukan tim Tarsius dan Opsnal Intelkam Polres Bitung ini, didasarkan laporan Polisi Nomor : LP/B/859/X/2021/SULUT/RES-BITUNG, tanggal 31Oktober 2021 dan surat perintah tugas : SP.GAS/694/XI/2021/RESKRIM/RES-BTG, tertanggal 1 November 2021.

Laporan kehilangan motor Kawasaki Ninja earna hitam milik Wyn Fryn BEE (19 THN), Mahasiswa asal desa Maronge Selatan Kec. Moronge Kab. Kep. Talaud terjadi pada Sabtu (30/10/2021) sekitar jam 03.00 wita di Kelurahan Pinokalan Kec. Ranowulu Kota Bitung, dimana nilai kerugian yang dialami sebesar Rp. 17.000.000,- (tuju belas juta rupiah).    

Pelaku RP alias Petu ini, merupakan pencuri motor yang selalu melakukan secara sendiri atau lebih dikenal sebagai pemain tunggal tanpa kawan atau kelompok pencuri lainnya. Dari hasil indentifikasi pencuriannya, RP sudah melakukan beberapa kali, antara lain 3 kali curanmor dan 2 kali curanik.   

Menurut rilis yang dikirimkan kepada wartawan, bahwa pelaku dapat dikenakan pasal 363 ayat 1 KUHP Sub pasal 362 KUHP atau dengan ancaman 7 tahun penjara. Selain Kawasaki Ninja yang disita dari tangan pelaku, juga ada beberapa kendaraan bermotor lainnya.

Khusus pencurian Kawasaki Ninja ini, dilakukan dengan cara mendorongnya keluar dari halaman depan rumah korban -kebetulan SPM itu tidak ada kunci kontaknya-, kemudian pelaku mencoba menghidupkan kendaraan tsbt dengan menekan stop enggin lalu menginjak porsneleng.

Setelah motor itu hidup, selanjutnya pelaku membawa sepeda motor itu ke Kel. Paniki Bawah Kec. Mapanget, dan menjualnya kepada lelaki bernama EKA ( SDH DIAMANKAN ) dengan harga Rp.1.500.000 ( satu juta lima ratus ribu rupiah ).

Hasil pendalaman dari pelaku, ditemukan adanya 4 unit kendaran lain semuanya di Bitung, yaitu SPM YAMAHA MX KING TKP KEL. GIRIAN INDAH KEC. KEC KOTA BITUNG, YAMAHA M3 TKP GIRIAN WERU SATU KEC. GIRIAN KOTA BITUNG, HONDA FRIGO TKP KEL. MANEMBO NEMBO KEC. MATUARI KOTA BITUNG, dan SUZUKI FU WARNA MERAH TKP KEL. WANGURER TIMUR KEC. MADIDIR KOTA BITUNG, yang seluruhnya dijual secara online.

Sementara alat yang digunakan pelaku, yaitu kunci T yang saat ini sudah disita. Dan dari keempat unit motor curian tersebut, warnanya sudah dirubah, namun nomor rangka dan nomor mesinnya, masih ada dan sesuai dengan STNKbya.   

Modus operandi pelaku, yaitu semua ranmor yang parker diluar rumah, dorong ranmor, bongkar kunci kontak, bodi depan sambung kabel/ jamper. Sementara jam operasi sekitar jam 02.00 wita sampai dengan jam 05.00 wita.

Peliput : Jansen Rarung
Editor : Henry

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed