oleh

Surat Penggembalaan BPH Sinode GERMITA

Mohon Ijin
Bapak Bupati Kepl. Talaud
Bapak Wakil Bupati Kepl. Talaud
Share Surat Penggembalaan dari Badan Pelaksana Harian Sinode Germita
Untuk dapat di ketahui oleh seluruh Warga GERMITA, se- Kab Kepl. Talaud.

Arnold Apolos Abbas
Surat Penggembalaan ke2 Badan Pelaksana Harian Sinode Gereja Masehi Injili Talaud (GERMITA) dalam menangani penyebaran Virus Corona (Covid 29).
Salam sejahtera di dalam kasih Yesus Kristus!
Menyikapi kondisi saat ini dimana penyebaran virus corona (Covid 19) semakin meluas khususnya di Indonesia yg telah menyebabkan korban jiwa dan semakin bertambahnya jumlah orang yg positif terinfeksi virus Covid 19, yg menurut data pemerintah tertanggal, 26/3/2020 berjumlah 893 org dan yg meninggal 79, (namun data hari ini, 27 Maret 2020 telah bertambah jumlahnya menjadi 1064 dan jumlah kematian 87 orang), dan dalam upaya pencegahan penyebaran virus ini, pemerintah daerah Kabupaten Talaud bersama seluruh tokoh agama telah melakukan rapat koordinasi tgl, 24 Maret 2020, yg kemudian ditindak lanjuti dgn rapat koordinasi BPH Sinode bersama MPPS, BP3S, Pengurus Pelayanan Kategorial Sinode dan seluruh pendeta Wilayah pd tgl. 26 Maret 2020, serta memperhatikan surat himbauan kedua dari MPH-PGI, serta maklumat Kapolri No. Mak/2/III/2020 tentang kepatutan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona, maka BPH Sinode menyerukan kepada seluruh pimpinan dan warga GERMITA, sebagai berikut :

  1. Marilah kita memanjatkan doa agar kita semua dikaruniai kesehatan dan ketabahan menghadapi masalah bersama yg menghadang kita saat ini yaitu wabah covid 19/virus corona. Kita berdoa agar Tuhan Yesus Kristus memberi hikmat dan kemampuan kpd pemerintah dlm memimpin bangsa kita keluar dari masalah ini serta kepada Dokter dan para medis dlm menangani kesembuhan sdr2 kita yg telah positiv terinfeksi virus corona (covid 19).
  2. Marilah kita bersama-sama menyukseskan himbauan Presiden Joko Widodo dengan menerapkan social distancing, bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah sbg upaya memutus matarantai penyebaran virus corona di bangsa kita. Mengenai hal ini pemerintah daerah bersama seluruh tokoh agama yg ada di kabupaten Talaud telah bersepakat utk mendukung kebijakan Presiden tsb, sbg upaya mencegah penyebaran virus ini di Kabupaten Kepulauan Talaud.
    Menindaklanjuti kesepakatan tsb, maka pada tgl, 26 Maret 2020 BPH Sinode bersama perangkat pelayanan sinode telah melaksanakan rapat koordinasi di kantor Sinode degan hasil percakapan, yaitu:
    a. Semua jenis ibadah (ibadah minggu di gedung Gereja, Kelompok Rumah Tangga/KRT, Pelka, Sekolah Minggu, dan ibadah lainnya) dipusatkan di rumah masing2 mulai tgl. 29 Maret 2020 sampai dgn kondisi semakin membaik atau menunggu ketentuan dari pihak pemerintah utk dpt mengumpulkan org banyak (cat. Utk ibadah sekolah minggu di rumah ada pendampingan dari org tua).
    b.Pelaksanaan ibadah di rumah, bila digabung maksimal 2-3 keluarga, tdk melebihi 10 (sepuluh org) dan menggunakan pakaian rapi (dgn tetap memperhatikan protokol pemerintah).
    c. Ibadah Minggu2 sengsara, Jumat Agung dan Paskah 1,2 juga dilaksanakan di rumah masing2 dan utk Tata Ibadah dan khotbah digandakan oleh BPHJ (memakai bahan yg terdapat di buku Penelaan Alkitab Kontekstual/ PAK dan RHK yg dibuat oleh Sinode GERMITA). Cat. Utk ibadah Minggu Sengsara VI dan VII, Liturgi dan khotbah disiapkan oleh BPHS.
    d. Ibadah perhaliran pada tgl. 5 April 2020 dan Perjamuan Kudus pada Jumat Agung (10 April 2020) menggunakan tata ibadah perjamuan kudus bentuk II (Tata ibadah Perjamuan Kudus di Rumah) dan utk pengaturan pelaksanaannya oleh BPHJ.
    e. Ibadah pemakaman bila ada yg meninggal tetap dilaksanakan dgn memperhatikan edaran pemerintah, a. l. Pelaksanaannya tdk melebihi 1 jam, menjaga jarak tempat duduk, serta memperatikan dan mengikuti protokol pemerintah dgn baik.
    f. Ibadah minggu, Jumat Agung, Paskah 1,2 dan peristiwa kematian tetap membunyikan lonceng gereja.
    g. BPH jemaat menyiapkan sampul persembahan utk dibagikan kpd setiap keluarga sbg wujud iman kita kpd Tuhan. Dan selanjutnya dikumpulkan oleh masing2 pelayan khusus di setiap KRT untuk dibawa ke gereja, sbg persembahan syukur masing2 keluarga kpd Tuhan Yesus Sang Pemelihara kehidupan dan sumber berkat.
  3. Sebagai persekutuan orang percaya, disatu sisi kita dipanggil utk memperbanyak dan mempersering persekutuan ibadah di rumah dan di gereja, namun di sisi lain, kita juga memiliki tanggung jawab ikut menghentikan penyebaran virus corona diantaranya melalui penyelenggaraan ibadah di rumah masing2. Penyelenggaraan ibadah ini juga sebagai persekutuan ibadah yg tidak kurang nilainya dgn persekutuan ibadah di gereja, terutama di tengah persoalan nyata yg sedang kita hadapi.
  4. Masa-masa berdiam di rumah masing2 seperti sekarang ini adalah momen yg sangat baik bagi kita utk memperkuat hubungan sesama anggota keluarga (suami, istri, anak) utk bersekutu, belajar firman, doa, sharing bersama yg akhir2 ini mulai jarang dilakukan oleh rupa2 sebab. Nilai-nilai kekeluargaan boleh kita hidupi kembali melalui momen ini. Keluarga adalah inti gereja dan masyarakat. Allah di dalam Yesus Kristus menyapa kita melalui keluarga kita masing-masing.
    5.Kita mengimani bahwa selama dalam penyertaan Tuhan, segala sesuatu dapat kita lalui bersama, sebagaimana tertulis firman Tuhan, Filipi 4:13:”Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” Amin.
    Demikianlah surat penggembalaan yg kedua ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasama bapak, ibu, saudara- saudari sekalian demi kebaikan bersama, kami ucapkan terima kasih.
    Tuhan Yesus memberkati kita.
    Lirung, 27 Maret 2020
    Teriring salam dan doa,
    Badan Pelaksana Harian Sinode GERMITA,
    Ketua Umum,
    Pdt. Dr. Arnold A. Abbas
    Sekum,
    Pdt. Richard W. Sssauw, M. Th
    Tembusah yth:
  5. Bupati kab. Kep.Talaud.
    2.Wakil Bupati kep. Talaud.
    3.Kapolres Kep. Talaud.
  6. BPHS
  7. MPPS
    6.BP3S
    7.Anggota BPLS
    8.Ketua Pelka Sinode
    9.file.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed