oleh

Prajurit Posal Talaud Berhasil Amankan Anggota TNI Gadungan , Danlanal ; Akan Ditindak Tegas Sesuai Hukum Yang Berlaku

Melonguane – tabloidjejak.co.id / Prajurit TNI-Angkatan Laut Posal Talaud Lanal Melonguane berhasil mengamankan seorang pemuda berinisial LWU warga Desa Gambung Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepulauan Talaud yang mengaku-ngaku sebagai anggota TNI dan berniat menipu petugas yang telah mengamankan miras jenis cap tikus (CT) ilegal di pelabuhan Beo pada ,Sabtu (10-07-2021).

Pemuda berinisial LWU yang mengaku-ngaku sebagai Anggota TNI tersebut kemudian diamankan di Posal Talaud dan kemudian diserahkan ke Polsek Beo untuk proses Hukum lebih lanjut terhadap yang bersangkutan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Letkol Marinir Adi Sucipto,S.T., M.Tr.Hanla selaku Komandan Lanal Melonguane menyampaikan bahwa oknum pemuda tersebut telah melakukan suatu perbuatan yang sangat tidak terpuji, sehingga merusak Citra atau nama baik TNI.

“Kasus seperti ini sudah dua kali terjadi, modusnya sama yaitu terkait miras cap tikus ilegal dan juga mengaku sebagai anggota aparat pada Tanggal 5 Juni lalu. Anggota kami juga mengamankan oknum yang mengaku anggota Polri dan hari ini kasus yang serupa terjadi lagi dimana, pelaku mengaku sebagai Anggota TNI.

“Kasus-kasus seperti ini tidak bisa dibiarkan dan harus ditindak tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku”,kata Danlanal Melonguane.

“Para gadungan-gadungan itu mengaku sebagai aparat terindikasi kuat untuk memuluskan kegiatan ilegal mereka, terutama terkait penyelundupan miras. Perbuatan mereka itu bukan terindikasi kuat melanggar hukum, namun juga memiliki dampak yang sangat buruk bagi institusi TNI-Polri antara lain yaitu dapat mencemarkan nama baik institusi TNI-Polri dan juga berpotensi mengakibatkan benturan antara aparat/institusi yang ada di daerah, untuk itu tindakan tegas diperlukan kepada mereka agar tidak ada lagi yang meniru dan mengikuti mereka di kemudian hari” ujar Danlanal Melonguane.

Lanjut Danlanal, “Kasus miras di perbatasan ini sudah cukup memakan korban, berbagai tindak pidana/kriminal atau pelanggaran terjadi sebagian besar dilatarbelakangi oleh pelaku yang mengonsumsi miras sebelumnya, namun oknum-oknum yang mencari keuntungan dari perbuatan tersebut masih terus berupaya melakukan perbuatan ilegal tersebut dengan berbagai modus, salah satunya ya dengan mengaku-ngaku sebagai anggota aparat.”

“Bagi kami prajurit Lanal Melonguane sebagai bagian dari TNI Angkatan Laut, menyandang status sebagai prajurit dan juga seragam yang kami kenakan adalah suatu kehormatan, kami selama ini berupaya menjaga nama baik (Citra) TNI/TNI Angkatan Laut saat bertugas apalagi saat mengenakan seragam. Yang kami utamakan adalah kewajiban dan tanggung jawab kami kepada Negara dan institusi, bukan kewenangan ataupun untuk sekedar gagah-gagahan.

Untuk mengenakan seragam dan menyandang status seorang prajurit bukanlah hal yang mudah, jiwa pengorbanan dan pengabdian adalah hal yang terpatri dalam jiwa kami saat mengenakan dan menyandang status seorang prajurit. Namun, hal yang sangat disayangkan adalah cukup banyak oknum yang untuk tujuan-tujuan negatif atau dengan motif untuk mendukung perbuatan mereka yang melanggar hukum, dengan gampangnya mengaku-ngaku sebagai anggota TNI.

Kalau sampai ada lagi di perbatasan ini kasus tentara gadungan apalagi mengaku sebagai prajurit TNI Angkatan Laut (Lanal Melonguane) dengan tujuan kriminal, kita akan bina mereka sebelum diproses hukum.

Pembinaannya ya dengan cara diberikan materi latihan prajurit matra laut di perbatasan yang biasa mengarungi lautan luas di bibir Samudera Pasifik ini” ungkap Danlanal Melonguane serius sambil bercanda.

Mengakhiri pernyataannya, Komandan Lanal Melonguane mengimbau masyarakat agar jangan mudah tertipu oleh pihak-pihak yang mengaku sebagai anggota TNI, apalagi oknum tersebut terindikasi akan melakukan perbuatan melanggar hukum.

“Hati-hatilah, kalau kepada aparat saja mereka berani menipu dengan mengaku sebagai anggota TNI, apalagi kepada masyarakat awam” Pungkas Danlanal Melonguane.

Vins

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed