oleh

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Hendaknya Menjadi Momentum Kreatifitas Usaha Mandiri

MINUT – Tabloidjejak.co.di. Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang diselenggarakan setiap tanggal 28 Oktober, kali ini khusus Pemda Minahasa Utara, merayakannya melalui upacara dengan model yang diwarnai pakaian adat. Namun aktivis Noris Tirayoh berharap, hendaknya wujud kretifitas mandiri dapat menjadi momentum penting untuk diperhatikan Pemda Minahasa Utara.  

Upacara yang diselenggarakan dilapangan Pemda kabupaten Minahasa Utara Kamis, (28/10/2021), diikuti oleh beberapa organisasi pemuda, antara lain KNPI, Karang Taruna, pemuda remaja dari SMU, SMK, Pramuka dan Paskibraka. Walau tidak semua organisasi kepemudaan lainnya tidak ambil bagian, suasana memeperingati Hari Sumpah Pemuda kali ini, cukup meriah dengan tampilan pakaian adatnya.   

Upacara yang dipimpin langsung Sekertaris Daerah Kab. Minahasa Utara Ir. Jemmy Kuhu yang bertindak  sebagai inspektur upacara mewakili Bupati Joune Ganda, bukan saja melibatkan pemuda dari jajaran ormas kepemudaan, namun diikuti pula oleh seluruh jajaran pejabat Pemkab Minut, eselon II, III, IV dengan berpakaian adat.

 “Hari Sumpah Pemuda ini adalah momen untuk kita bangkit, bersatu dan tumbuh sesuai tema kali ini, untuk menegaskan komitmen yang telah di bangun oleh pemuda kita yang di ikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia,” ucap Jemmy Kuhu mengutip sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga RI Zainudin Amali.

Kuhu menjelaskan, kalau Pemuda jaman dahulu berjuang bersama membawa bangsa menuju kemerdekaan kita, namun saat ini pemuda diharapkan iku serta terlibat membawa bangsa menuju masa depan yang adil dan makmur.

“Kalau pemuda dahulu mampu keluar dari tekanan, jebakan, penindasan, sikap-sikap, primodial, suku, ras, golongan dan kultur, hinngga mampu membawa bangsa kita sampai pada kemerdekaan, maka tugas pemuda kita saat ini harus mampu mengisi pembangunan bangsa, dengan membuka batas-batas, kekinian yang saat ini, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan berinovasi dengan kreativitas yang tinggi, serta mandiri dan inspiratif dalam menghadapi persaingan global, ” lanjut Kuhu.

Kuhu menambahkan, harapan bangsa dan negara diera skarang ini berada dipundak pemuda-pemuda sebagai penerus pejuang bangsa. “Peran pemuda saat ini sangatlah penting,karena ditangan pemudalah kita berharap negara kita bisa bangkit dan keluar dari keterpurukan, yang salah satunya kita hadapi saat ini, adalah dampak pandemi Covid 19.  

Namun menurut Noris Tirayoh salah satu aktivis pemerhati pembangunan ekonomi di Minut, menyatakan dengan kondisi ekonomi yang mengalami kelesuan serius, hendaknya disiasati dengan melahirkan kreatifitas usaha mandiri, yang harus didorong oleh Pemerintah daerah, agar peran dan kegiatan pemuda dan pemudi bisa diberi dukungan tehnis dan modal untuk pemicu kelompok masyarakat lainnya. ***

Peliput : Jansen Rarung

Editor : Prasetyo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed