oleh

Oknum Sangadi Desa Ambang Dua Akhirnya Menginap di Hotel Prodeo Polres Bolmong

BOLTIM – Tabloidjejak.co.id. Masyarakat desa Ambang Dua (2) Kecamatan  Bolaang, akhirnya merasa  puas dengan tindakan hukum yang dilakukan oleh pihak Polres Bolmong, yang telah menahan oknum Kepala Desa yang diduga telah membuat surat palsu.

Modus perbuatan surat palsu oknum Kepala desa Ambang Dua (2) adalah dengan membuat surat pindah kependudukan salah satu warganya ke Manado, tannpa sepengetahuan dan atau pemberitahuan  warganya tersebut yang bernama Franky Lelono.

Atas perbuatannya membuat surat palsu tersebut, akhirya Sangadi (Kepala Desa) desa Ambang Dua (2) Kecamatan Bolaang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow oknum OP alias Pudi, akhirnya harus meringkuk di Rumah Tahanan Polres  Bolmong, Senin (28/09/2021).

Proses hukum hingga penahanan oknum Sangadi Ambang Dua tersebut, didasarkan laporan polisi NOMOR: LP/10/11/2021/Res/ Bm/SEK-BLG tertangal 18 Februari 2021 yang dilaporkan oleh salah seorang warganya desa Ambang Dua, Frangki Laleno.

Diketahuinya perbuatan pemalsuan oknum Kepala desa berinisial OP tersebut, karena alamat yang dituju dengan alasan pindah tinggal dikeluarganya, ternyata ditempat dimaksud tidak ada keluarga Lelono. Bahkan, usulan pindah tempat tersebut, tidak pernah dilakukan oleh Franky Lelono.

Demikian pula, “usulan pemindahan warga Ambang Dua oleh oknum Sangadi OP tersebut, tidak pernah  dikomonikasikan atau diinformasikan kepada sekretaris desa Fitri Paputungan,” ujar sumber Polres Bolmong.

Setelah melalui penyelidikan secara intensive dan kemudian dilakukan gelar perkara, diperoleh kesimpulan semuanya, sudah memenuhi unsur pidana,” tandas sumber tabloidjejak.co.id. Maka perkara  dugaan tindak pidana pemalsuan surat yang diduga dilakukan oknum Sangadi desa Ambang Dua, kemudian ditingkatkan ketahap penyidikan dengan nomor-B/11/VI/2021.

Sementara Camat  Bolaang Timur  Supriyadi  Dilapanga, ketika dikonfirmasi terkait penahanan oknum kepala desa Ambang dua, oleh Polres Bolmong, Senin (27/09/2021) dengan dugaan telah melakukan perbuatan pemalsuan surat pemindahan warganya, menyatakan, agar kasus ini tidak membuat perpecahan masyarakat desa Ambang Dua.

Karenanya Camat menghimbau kepada seluruh warga masyarakat  desa Ambang Dua, agar tetap menjaga Kamtibmas dan tidak terprovokasi terhadap masalah yang telah berproses secara hukum. Sebab itu, “mari kita serahkan sepenuhnya kepada pihak Kepolisian untuk menyelesaikan kasus tersebut,” ujarnya.

Demikian pula, “guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kepada Plh Sangadi yang sudah dipercayakan untuk menjalankan roda pemerintah desa Ambang Dua, agar selalu melakukan koordinasi dengan aparat hukum terkait lainnya, serta tidak lupa memberikan pelayanan terbaik bagi warganya,” tegas Camat.

Sementara Kapolres  Bolmong  AKBP dr. Nova Irone Surentu SH., MH., saat  dikonfirmasi terkait kasus tersebut, membenarkan informasi atas penahanan oknum Sangadi AMBANG DUA oleh pihak Polres Bolmong. Pengenaan sangkaan yaitu pasal 263 KUHP tentang pemalsuan surat/ dokumen dengan  ancaman 6 tahun penjara,” jelas Kapolres Bolmong,

Peliput : Jansen Rarung

Editor : Prasetyo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed