oleh

Mewakili Pemkab Talaud,Malensang Sambut Kunjungan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tahuna

Talaud – tabloidjejak.co.id.
Mewakili Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud, Daud Malensang selaku Asisten I menerima kunjungan kepala kantor Imigrasi kelas II TPI Tahuna Nobly Momongan,sekaligus membuka rapat koordinasi TIM PORA yang bertempat di Aula penginapan Permata 2 Melonguane, Jumat (18-06-21).

Mewakili Pemerintah Kab Kepl Talaud E2L dan MAP, Daud Malensang menyambut kedatangan rombongan TIM PORA kelas II Tahuna guna lakukan rapat koordinasi (Rakor)tentang pengawasan terhadap orang asing.

“Daerah kab kepl Talaud terdiri dari berbagai pulau dan merupakan daerah perbatasan yang dekat dengan Negara tetangga yaitu Filipina,oleh karena itu pantas dan sangat baik jika TIM PORA laksanakan koordinasi dengan instansi terkait mengenai hal ini,terang Malensang.

Kegiatan pengawasan keimigrasian harus senantiasa digalakkan dan ditingkatkan mengingat semakin banyaknya orang asing yang masuk dan melakukan kegiatan di wilayah Indonesia terlebih kusus daerah kepl Talaud yang adalah masuk pada kawasan ekonomi kusus perbatasan.tambahnya.

Pada waktu yang sama, Nobly Momongan selaku kepala kantor Imigrasi kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI)Tahuna,menjelaskan bahwa Sesuai UU no 6 tahun 2011 tentang keimigrasian, tertuang pada pasal 69 ayat 1 yang isinya ; untuk melaksanakan pengawasan keimigrasian terhadap kegiatan orang asing di wilayah Indonesia dan Mentri membentuk Tim pengawas orang asing yang anggotanya
terdiri dari Badan atau Instasi Pemerintah terkait, baik Pusat maupun di Daerah ,jelas Momongan.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi saat ini telah melakukan berbagai langkah dan kebijakan strategis. Hal itu sebagi upaya untuk mencegah pelanggaran peraturan oleh orang asing di Indonesia.Salah satunya dengan menggalakkan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota sampai tingkat kecamatan, di mana unsur TIMPORA tersebut melibatkan seluruh unsur pemerintahan,jelas Momongan.

“Terkait tugas TIMPORA adalah memberikan saran dan pertimbangan kepada instansi dan/atau lembaga pemerintah terkait, mengenai hal yang berkaitan dengan pengawasan orang asing,” kata kepala kantor Imigrasi kelas II Tahuna.

Selain itu, salah satu tugas dan fungi Dirjen migrasi melakukan pengawasan terhadap lalu lintas, keberadaan dan kegiatan orang asing di Indonesia, baik itu di lakukan mulai dari tingkat pusat maupun di daerah.

Kegiatan ini menjalankan protap kesehatan pencegahan C-19 dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak.

VL

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed