oleh

Menolak Lupa Berita Peresmian RSUD MITRA SEHAT Penuh Kebohongan

Ratahan – Tabloidjejak.co.id. | Ditahun 2016 atau sekitar empat (4) tahun lampau, telah dilakukan peresmian Rumah Sakit Umum Daerah MITRA SEHAT oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dengan menandatangani prasasti.

Rumah sakit yang dibangun sejak tahun 2015 tersebut berbandrol cukup fantastis dengan nilai ratusan miliar tersebut, hingga kini tidak beroperasi sebagaimana mestinya. Bahkan hanya berupa praktek yang dibuka pada jam-jam tertentu. Justru mirisnya, setiap hari hampir tak terlihat pasien yang datang berobat. Sementara perawat, suster, dokter hampir sama, tak kelihatan. Cuma ada 1, 2 orang yang menjagai RSUD tersebut. Artinya, berbeda dengan apa yang diungkap dan diberitakan empat (4) tahun yang lampau.

Dalam pemantauan Tim Tabloidjejak.co.id yang kembali turun dibulan desember 2019, didapati, pembangunan RSUD masih sedang berlangsung. Sementara beberapa bangunan yang retak-retak usai dilakukan pelantikan, yang konon kemudian beberapa kali dilakukan perbaikan, masih saja terjadi keretakan berulang hingga kini.

Menurut konsultan tehnis JIRAN Study Club, bahwa pembangunan tersebut, kuat dugaan telah terjadi perbuatan curang dengan melakukan penyimpangan konstruksi, berupa pembesian yang kurang, kemungkinan kurang dalamnya fondasi yang tidak sampai 2 meter sesuai gambar, tidak adanya fondasi pasir urug dan lantai kerja, cor kaki telapak, serta mutu beton yang tidak sesuai. Akibatnya, “bangunan tersebut rentan roboh,” tegasnya.

Dugaan adanya perbuatan curang dan pembiaran dengan melakukan penyimpangan konstruksi bangunan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara tersebut, menurut sumber tabloidjejak.co.id, sudah pernah dilakukan pemeriksaan pihak Kejaksaan Negeri Amurang. Namun sumber tersebut menyatakan tidak tahu kelanjutan hasil penyelidikannya.  

Dan yang cukup memiriskan, menurut sumber tabloidjejak.co.id, bangunan RSUD tersebut saat dibangun tidak memiliki izin bangunan karena kendala tidak sesuai RT/RW, namun dipaksakan untuk dibangun mengejar waktu yang hampir habis dipenghujung tahun ketika itu.

Beberapa sumber tabloidjejak.co.id memprediksikan, bahwa pelayanan kesehatan akan tidak maksimal, karena rasa takut secara psikologys pasien yang melihat kondisi bangunan yang tidak menjamin rasa aman bagi pasien yang ingin berobat, tidak terpenuhi. Jani/Vecky/Marthen.**           

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, bersama Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, menandatangani prasasti Peresmian Rumah Sakit Umum Daerah Mitra Sehat di Kecamatan Pasan, Senin (04/12).

Dari laporan Kepala Dinas Kesehatan Rini Tamuntuan RSUD tersebut dibangun sejak tahun 2015. “Dengan tiga lantai, terdiri dari ruang administrasi, UGD dan Poliklinik,” ujarnya.

Dia mengatakan, Dana pembangunan RSUD tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2015 Rp 15 Miliar ditambah lagi pada 2016 Rp 33 Miliar. “Namun dikarenakan ada pemotongan anggaran dari pusat tahun 2016 maka dibangun bangunan rawat inap 2 lantai, bangunan instalasi bedah sentral, bangunan radiologi dan bangunan intensive care unit,” ujarnya.

Sesuai Permenkes 54 tahun 2014 mengenai rumah sakit keberadaan RSUD ini katanya sudah memiliki ijin dari kementrian kesehatan RI. ” Sehingga RSUD ini siap dioperasikan dimana sudah ada tenaga spesialis penyakit dalam, spesialis bedah, spesialis kandungan dan spesialis anak serta dokter umum dan tenaga paramedis perawat bidan yang siap melayani,” ungkapnya. Sebagaimana berita Tribunmanado.co.id yang kembali ditayang ulang tabloidjejak.co.id untuk menolak lupa gawean peresmian RSUD Mitra Sehat.

Peresmian ketika itu, turut dihadiri wakil bupati Ronald Kandoli, Pangdam 13 Merdeka Mayor Jendral TNI Ganip Warsito, Dandim 1302 Minahasa Letkol INF Jubert Nixon Purnama, Kapolres MitraMinsel AKBP Arya Perdana,SIK, Kadis kesehatan Propinsi Sulut dr Debby Kalalo, Sekda Farry Liwe, para Asisten, sejumlah anggota DPRD Mitra serta undangan lainya. (Val)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed