oleh

Launching Export Perdana Ikan Tuna Talaud Rambah Australia

MELONGUANE – Tabloidjejak.coid. Wakil Bupati Drs Moktar Arunde Parapaga pimpin pelaksaan Lounching Eksport Perdana Komoditi Perikanan dari Melonguane kabupaten Kepulauan Talaud ke Australia,yang dilaksanakan di lapangan Kantor Bupati Talaud, Rabu (14/04/ 2021).

Mewakili Bupati Kepulauan Talaud, MAP dalam sambutannya pada acara lounching tersebut, menegaskan, bahwa ini suatu momentum terobosan  dan merupakan satu sejarah bagi Pemerintahan Kepulauan Talaud yang  mulai star merambah pasar luar negeri dengan mengekspor ikan ke Negara tetangga.

“Momentum ini akan mendongkrak perekonomian secara berlahan di sektor perikanan kepulauan Talaud secara umum”, kata Parapaga. Lebih lanjutnya dijelaskannya, itu berarti, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud dalam mengembangkan perekonomian disektor kelautan, khususnya perikanan laut, akhirnya bisa terwujud.

Disadari pula, bahwa masyarakat Talaud dalam mengolah ikan masih dengan cara tradisonal. Sementara, transportasi kita yang cukup jauh dengan mengandalkan kapal laut untuk pengeriman ke Bitung, membuat ikan menjadi lama diperjalanan. Akibatnya, ikan yang dikirim menjadi rusak sekitar 70 %, sehingga mutu ikan yang memenuhi sarat tinggal 30 %.

Kini kita bisa mengeksport langsung ke  Australia melalui pesawat yang terbilang bisa sampai dalam waktu yang lumayan pendek, walau jarak tempuh cukup jauh. Sehingga dengan pesawat, diharapkan bisa memenuhi kualitas mutu ikan yang diinginkan.  

Kini kita berharap pengolahan ikan akan bisa meningkatkan mutu ikan, sehingga eksport ikan bisa terus berlangsung. Dimana, saat ini menurut Moktar Paparaga, Pemerintah daerah telah mengusulkan ke Pusat, untuk pembangunan Kantor dan Laboratorium dan berbagai fasilitas lainnya untuk kebutuhan eksport.  

Untuk ekspor perdana ini, Pemerintah Kabupaten Talaud mengirim baby tuna seberat 0,4 ton ke Australia. Dan untuk target eksport berikutnya, adalah membidik eksport tuna ke Jepang dengan bobot pengiriman yang lebih besar.

Dengan berhasilnya ekspor tuna perdana ke Australia, Moktar Paparaga, mengucapkan berterima kasih kepada pihak karantina ikan, beacukai dan perusahaan yang didatangkan untuk membangun usaha di Kabupaten Talaud. “Semoga usaha ikan di Talaud tetap langgeng, dan akan terus bersama mengembang perekonomian daerah khususnya disektor perikana laut,” tandas Paparaga.***

Peliput : Vincent L

Editor : Prasetyo dan Henry

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed