oleh

Kunjungi Perw. Bank Indonesia, Bupati Talaud Paparkan Potensi Ikan Tuna

TALAUD – Tabloidjejak.co.id. Bupati E2L bersama rombongan mengunjungi kantor perwakilan Bank Indonesia Prov. Sulawesi Utara. Dalam kunjungan tersebut, Bupati dan rombongan disambut langsung oleh Kepala Perw. BI Arbonas Hutabarat dan jajarannya, Senin (29-3-2021).

Dalam kesempatan ini, E2L(sapaan akrab) langsung mengutarakan maksud dan tujuan kedatangannya bersama rombongan untuk  menjelaskan dan memaparkan terkait dengan sumber pendapatan di bidang kelautan melalui  Produksi ikan Tuna yang asalnya dari perairan Talaud dan sekitarnya, tulis release yang diterima Ka. Biro Tabloidjejak.co.id di Talaud.

Dimana penjelasan Bupati, bahwa khusus tahun 2020 lalu produksi ikan Tuna di perairan kepulauan Talaud bisa mencapai kurang lebih 500,24 ton. Namun sayangnya ,ikan Tuna hasil tangkapan dari nelayan kepulauan Talaud kurang maksimal dan memuaskan terkait penjualannya.

Persoalannya, “disamping terkendala dengan jalur distribusi yang mana ikan hasil tangkapan tersebut harus di kirim ke Bitung atau Manado, sehingga menyita waktu yang lama dan tentunya itu akan berdampak pada kualitas ikan,“ terang Bupati kepulauan Talaud.

“Ikan Tuna Hasil tangkapan nelayan  dikirimkan ke Bitung dan Manado itu, dihargai berkisar harga Rp 46.000, dimana sangat berbeda jauh dibanding bila dikirimkan langsung ke Filipina dengan harga berkisar Rp. 125.000 atau bahkan lebih. “Jadi perbandingannya hampir 3 kali lipat,” jelas E2L.

Lebih lanjut penjelsan Bupati melalui release tersebut, jika dikalikan dengan produksi ikan Talau yang 500,24 ton, maka selisih harga pendapatan nelayan akan jauh lebih besar dan menguntungkan. Bila dihitung dari hasil pendapatan ini, bisa memajukan tingkat perekonomian masyarakat kepulauan Talaud.

Dilihat secara geografis, kepulauan Talaud yang sangat dekat di bandingkan Manado dan Bitung untuk giat exportir ke Filipina, yang apalagi tidak memakan waktu yang lama ke General Santos (Gensan), sangat memungkinkan jaminan kualitas ikan bisa lebih terjaga.

“Potensi sektor perikanan di Talaud yang begitu besar ini pun dikatakan Bupati Elly merupakan kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh para investor agar sama-sama saling menguntungkan dan tentu bermanfaat bagi warga Talaud,” jelasnya. ***

Ka. Biro Talaud : Vincennt L

Editor : Henry

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed