oleh

DPRD Kab. Bolmong Tetapkan Ranperda Layak Anak

BOLMONG – Tabloidjejak.co.id. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow, akhirnya menetapkan Ranperda Kabupaten Layak Anak yang digagas sejak sejak tahun 2018. Penetapan inipun disambut bahagia Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Bolmong : Farida Mooduto.

Menurut Farida, penetapan ini adalah kabar baik bagi kami yang dalam waktu dekat akan mengikut penilaian KLA tahun 2020. “Waktu menerima undangan paripurna ini kemarin, saya sangat bahagia. Ini kabar baik bagi kami yang dalam waktu dekat akan mengikuti penilaian KLA, tepatnya tanggal 23 Maret. Penilaianya akan dilakukan selama dua minggu, sampai 8 April,”Ungkap Farida.

Dengan adanya Perda KLA ini, berarti ada rambu bagi pemerintah daerah dalam mengangkat dan mengembangkan derajat hidup anak yang patut dilindungi dan dijamin pemeliharaannnya dan masa depannya, baik oleh keluarga maupun pemerintah daerah.

Karena itu, dengan lahirnya rancangan peraturan daerah ini, akan sangat membantu Pemerintah daerah dan khususnya Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak dalam melahikan berbagai program yang tepat guna pembangunan Perempuan dan Anak yang berdaya dan bermartabat bagi masyarakat Kab. Bolmong kedepan.

Dengan demikian saya yakin Bolmong akan masuk Kabupaten Layak anak. Namun begitu, Farida mengakui angka kekerasan terhadap anak masih tinggi. “Memang indicator penilaian, salah satunya adalah tingkat kekerasan, namun ini masih juga akan dilihat, bagaimana Pemda melakukan penanganan terhadap kekerasan anak ini, apakah lambat atau cepat,” urai Farida.

Bolmong sendiri, akan berkaca dari kasus Bullying kemarin. Dimana atas pengakuan Deputi Kementerian P3A, Bolmon sangat cepat dalam penanganannya. Selain memberikan respon yang sangat cepat, kami juga terus melakukan sosialisasi perlindungan terhadap anak, serta pemberian hak-hak anak,” tandas Farida lebih lanjut. Fadli***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed