oleh

Dinas Perikanan & Kelautan Kab. Minsel Kukuhkan 3 Kelompok Budidaya Ikan Desa Boyong Atas

MINSEL – Tabloidjejak.co.id. Dengan dilantiknya Plt Hukum Tua baru desa Boyong Atas Kec. Tenga, telah memberikan suasana baru yang melahirkan kreatifitas petani yang merespon upaya pemerintah didalam memberdayakan ekonomi rakyat dengan melahirkan Kelompok-kelompok usaha tani dan perikanan di Boyong Atas.

Sebelumnya, desa boyong Atas dipimpin Plt Hukum Tua Grifin Sangian. Namun kepemimpinannya telah cukup menimbulkan keresahan ditengah masyarakat, karena berbagai pembangunan yang dibiayai Dana Desa, Pamsimas, BLT, dan Program Sertifikat Prona, disamping tidak jelas pertanggungjawabannya, juga rakyat ikut dibohongi. Sudah dibohongi, dana rakyatpun digelapkan.

Sementara program pembangunan Rumah Miskin dari Dinas Sosial Provinsi maupun Pembangunan Rumah Sehat dari dinas PUPR Kab. Minsel, tidak serius diupayakannya. Untuk pembuatan Surat Keterangan Miskin yang dimohonkan masyarakat miskin untuk melengkapi berkas pembangunan rumah dari Dinas Social Provinsi, tak mau dibuatnya.  

Kini Plt Hukum Tua Grifin Sangian, telah diganti, dengan Plt. Baru Olivia Mondigir, yang memang sudah lama diusulkan diganti, namun setelah Bupati dan Wakil Bupati terpilih F.D. Wongkar dan P.Y. Rembang, dilantik baru ada penggantian, sehingga rakyat Boyong Atas, menyambut dengan penuh antusias atas perubahan yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Sambutan masyarakat yang begitu antusias, diwujudkan dengan pembersihan jalan-jalan dan selokan kampung. Tak cukup perubahan berupa pembersihan, masyarakat menyambut dengan membentuk beberapa kelompok tani dan kelompok budidaya ikan yang diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi desa.

Sebelumnya, telah didirikan Kelompok Tani PERJUANGAN, kini kembali 3 Kelompok Budidaya Ikan dibentuk yaitu Pokdakan KANAAN, Pokdakan CIBOTAS, dan Pokdakan MEKAR. Dimana ketiga Pokdakan tersebut dikukuhkan dikantor Desa Boyong Atas, Jumat (26/3-2021) oleh pihak dinas Petanian Kab. Minahasa Selatan, mengetahui Hukum Tua.

Pengukuhan Pokdakan tersebut dilakukan oleh Kabid Perikanan Deeby Rembet, SPi, didampingi Kepala Seksi Budidaya Laut dan Staf Iren Oping, Wenda, serta penyuluh perikanan dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Minsel, Fentje Pangaila, ST.

Saat pengukuhan ketiga Pokdakan tersebut, selain pengurus dan anggota yang menghadiri pengukuhan tersebut, juga mengetahui Plt. Hukum Tua Olivia Mondigir, SP didampingi seluruh aparat desa, kepala Jaga dan Meweteng desa  Boyong Atas.

Usai pengukuhan, Kabid Budidaya ikan Debby Rembet, kemudian memberikan pengarahan betapa pentingnya kehadiran Kelompok Budidaya Ikan ditengah masyarakat desa, sebab akan memberikan nilai tambah baik secara ekonomi maupun akan mendorong dan menumbuhkan dinamika kreativitas berusaha masyarakat desa.

Ditekankan pula, bahwa keberhasilan Pokdakan, tentunya dari kemauan dan tekat kelompok itu sendiri, dimana tentunya, selain meningkatkan ekonomi keluarga dan kelompok, juga akan menciptakan dan membangun perputaran ekonomi masyarakat desa secara umum.

Sementara Plt. Hukum Tua, Olivia Mondigir, SP, merasa bangga karena ada masyarakatnya, yang begitu kreatif melahirkan gagasan-gagasan positif bagi desanya. Karenanya, Hukum Tua berharap agar dengan adanya Pokdakan di Boyong Atas, akan semakin menumbuhkan vareasi berusaha masyarakat, yang tentunya akan melahirkan daya tahan ekonomi rakyat, apalagi dalam menghadapi pendemi Covid-19.***

Peliput : Jantje M

Penulis : Jantje

Editor : Henry

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed