oleh

DI HARI RAYA IDUL FITRI DAN KENAIKAN ISA AL MASIH, PRAJURIT MATRA LAUT DI PERBATASAN TETAP BANTU PENGAWASAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19

MELONGUANE – Tabloidjejak.co.id. Suasana hari raya Idul Fitri 1442 H/2021 dan Kenaikan Isa Al Masih serta dimana terdapat larangan mudik oleh pemerintah tidak menjadikan para prajurit Matra Laut yang berdinas di perbatasan paling Utara NKRI kendor dalam mendukung pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Berbagai kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah perbatasan dilaksanakan oleh seluruh jajaran Lanal Melonguane, baik yang berada di Mako Lanal maupun yang tersebar di Posal dan Posmat di beberapa daerah di perbatasan termasuk di pulau-pulau kecil terluar.

Kamis (13/5/2021) tepatnya menjelang pagi, di pelabuhan Melonguane dan pelabuhan Beo nampak beberapa prajurit Lanal Melonguane beserta berbagai petugas dari berbagai instansi melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19 terhadap para penumpang yang turun dari kapal.

Saat menjelang pelaksanaan ibadah sholat Idul Fitri baik itu di masjid Jabal Rahma di komplek perkantoran Melonguane, Masjid As-Syuhada Beo dan Mushola Posal Miangas nampak juga para prajurit Lanal Melonguane aktif membantu pengurus masjid untuk melaksanakan pemeriksaan tubuh bagi para jemaah akan akan melaksanakan ibadah.

Demikian juga pada saat masyarakat yang beragama Nasrani akan melaksanakan ibadah di beberapa gereja di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud. Selain melaksanakan pengecekan suhu tubuh dan melaksanakan pengawasan protokol kesehatan Covid-19, para prajurit Lanal Melonguane yang tersebar di beberapa wilayah di perbatasan tersebut juga membagikan masker kepada masyarakat yang tidak mengenakan/membawa masker.

Berkenaan dengan kegiatan tersebut, Letkol Marinir Adi Sucipto,S.T.,M.Tr.Hanla selaku Komandan Lanal Melonguane menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh para prajurit matra laut di perbatasan itu dilakukan atas perintahnya bahkan ia sendiri juga ikut turun langsung di lapangan.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukannya bersama prajuritnya merupakan ibadah guna membantu masyarakat Talaud agar terhindar dari wabah Covid-19 yang masih terus mengintai. Hal tersebut juga dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah pusat dan daerah. Kegiatan yang dilakukan tersebut juga menunjukkan toleransi beragama yang tinggi dari para prajuritnya.

“Kegiatan yang dilaksanakan di beberapa pelabuhan serta tempat ibadah hari ini  merupakan bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat serta bentuk konsistensi kami dalam membantu dan mendukung kebijakan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud yang terletak di perbatasan di bibir samudera Pasifik ini” ungkapnya.

“Semoga dengan konsistensi kami, sinergi antara berbagai instansi serta dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah, dapat benar-benar menjaga wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud ini tetap menjadi zona hijau atau minimal dapat memitigasi dampak bencana non alam tersebut agar tidak membesar di lingkungan masyarakat”, pungkasnya.***

Ka. Biro Talaud : Vincent L

Editor : Henry

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed