oleh

Danlanal Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto,S.T.,M.Tr.Hanla, Tekankan Agar Tunjukkan Netralitas TNI Saat Pilkades Serentak

Melonguane – tabloidjejak.co.id
Pelaksanaan Pilkades serentak di sejumlah wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Kepulauan Talaud yang merupakan wilayah perbatasan di ujung Utara NKRI jadi perhatian kusus dari Danlanal Melonguane.Rabu, (13-07-2021)

Menurut Danlanal Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto,S.T.,M.Tr.Hanla ada 43 Desa di Kab Kepl Talaud yang akan melaksanakan Pilkades serentak .

Berkaitan dengan kegiatan Pilkades serentak tersebut, Letkol Marinir Adi Sucipto,S.T.,M.Tr.Hanla selaku pemegang tongkat Komando di jajaran Lanal Melonguane memberikan penekanan dan arahan kepada seluruh prajuritnya agar menjaga netralitas TNI.

“Netralitas TNI merupakan salah satu implementasi dari Reformasi TNI dan juga merupakan amanah dari pasal 5 ayat (2) TAP MPR RI Nomor VII/MPR/2000 tentang Peran TNI Dan Polri serta pasal 39 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Selain itu juga terdapat cukup banyak penekanan dan arahan dari Pimpinan TNI dan TNI Angkatan Laut terkait Netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada. Untuk itu, saya benar-benar menekankan kepada seluruh jajaran saya agar menjaga netralitas TNI selama pelaksanaan Pilkades di wilayah perbatasan ini. Selain prajurit PNS juga harus netral, namun dikarenakan di jajaran Lanal Melonguane saat ini belum ada jabatan PNS yang terisi, saya hanya menekankan kepada seluruh prajurit saya, termasuk keluarga mereka (istri dan anak)” Ungkap Danlanal Melonguane.

“Kepada pihak luar yang mengikuti kontestasi Pilkades di wilayah perbatasan ini, kami juga mengharapkan agar tidak ada upaya untuk menarik-narik kami pada kegiatan politik praktis ini yang nantinya menjadikan kami tidak netral. Kami juga akan melaksanakan pengamanan internal secara ketat, dimana kami akan menjaga lingkungan kesatrian kami agar bersih dari segala atribut Pilkades ini, baik itu banner/spanduk, stiker/foto calon dll. Bagi masyarakat sipil juga kami imbau agar tidak ada yang menggunakan pakaian atau atribut TNI/TNI Angkatan Laut selama kegiatan penyelenggaraan Pilkades berlangsung” Tegas Pamen Korps Marinir berpangkat Letkol ini.

“Selain itu, kami juga mengimbau masyarakat agar menjaga keamanan, kedamaian, kondusifitas selama penyelenggaraan Pilkades Serentak.

Disiplin Protokol kesehatan Covid-19 juga agar dipatuhi dan Mari kita secara dewasa dalam berfikir serta bertindak, sehingga kita bersama bisa menjaga wilayah perbatasan ini agar tetap aman, damai dan segera terbebas dari ancaman penyebaran Covid-19.”

“Berbicara jabatan, apalagi jabatan pucuk pimpinan merupakan amanah. Semua dari kita boleh menginginkan diri kita, keluarga kita atau orang dekat kita untuk memegang jabatan pimpinan, namun demikian mari kita maknai bahwa dibalik suatu jabatan sesungguhnya melekat amanah yang harus kita pertanggung-jawabkan menurut peraturan perundang-undangan yang ada, maupun kita pertanggung jawabkan di hadapan Tuhan, sehingga kita tidak lupa diri dalam menggapai keinginan untuk suatu jabatan atau saat memegang jabatan tersebut” Imbau Pamen berpangkat Letkol yang sudah menjabat sebagai Danlanal Melonguane selama satu setengah tahun ini.

Mengakhiri pernyataannya, Danlanal Melonguane berharap agar Pilkades serentak di Kabupaten Kepulauan Talaud dapat berjalan dengan aman, lancar, tertib dan juga sesuai Protokol kesehatan Covid-19.

Vins

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed