oleh

Cegah Bentrok Berkepanjangan di Bolingongot Kapolres Bolmong Amankan Pemasangan Tapal Batas Desa

BOLMONG – Tabloid jejak.co.id. Kisruh perang antar masyarakat desa Torout dengan preman yang ditengarai dipersiapkan PT. BDL, atas wilayah tambang yang diklaim kedua belah pihak sebagai miliknya, kini telah memakan korban hingga meninggalnya salah satu warga dari desa Torout.

Berbagai tudingan miring atas ketidak becusan dan ketegasan sikap aparat hukum, diduga merupakan penyebab berlarut-larutnya pertikaian yang memang sudah terjadi sejak lama, hanya karena saling klaim wilayah tertentu yang menjadi usaha tambang emas.

Saling klaim ini, disebabkan tidak adanya tapal batas yang jelas antara desa satu dengan desa lain, atas perkebunan Bolingongot dengan tapal batas desa Toruakat  Kec. Dumoga, demikian pula tapal batas dengan desa Mopait Kec. Lolayan.

Akibat tapal batas yang tidak pernah diatur secara tegas, yang diharapkan juga dapat memastikan penguasaan atas wilayah tertentu, maka berbagai bentrokan yang tak terkendali untuk penguasaan wilayah yang memiliki potensi tambang emas, makin sering terjadi.

Maka dalam peristiwa bentrokan yang melahirkan gelombang besar perang antar kekuatan tertentu yaitu warga desa Toruakat dengan diduga kelompok preman yang disediakan PT. BDL akhirnya memakan korban seorang warga desa Toruakat ( AD) 43 thn, harus meregang nyawa.

Guna mengantisipasi pertikaian agar tidak meluas, Kapolres Bolaang Mongondow, AKBP dr. Nova Irone Surentu,SH., MH., harus melakukan langkah-langkah antisipatif serta mempertegas batas wilayah antar desa tertentu, dengan membuat tapal batas yang jelas.  

Menurut Kapolres Bolmong, kepada wartawan Tabloidjejak.co.id, pihaknya telah menurunkan personilnya sebanyak 51 orang. Dimana penurunan personilnya, didasarkan surat permohonan permintaan bantuan pengamanan dari Pemerintah desa Toruakat.

Surat permohonan permintaan bantuan pengamanan yang ditandatangani Sangadi desa Toruakat, bukan saja karena telah terjadi bentrokan ketika itu, “namun akan diadakan pemasangan patokan untuk tapal batas, agar bentrokan bisa dieliminir untuk kedepannya,” ujar Kapolres.

Proses pengamanan yang  dilakukan oleh anggota Polres Bolmong atas rencana masyarakat desa Toruakat Kec. Dumoga diperkebunan Bolingongot yang akan memasang patok tapal batas dengan desa Mopait Kec. Lolayan sudah dengan sesuai prosedur tetap (protap), sebagaimana diatur dalam peraturan Kapolri (PERKAP) nomor : 1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian.

Demikian juga untuk menjamin keberadaan untuk pembantuan pengaman tersebut, diterbitkanlah surat perintah kepada 51 personel Polres Bolmong, untuk melaksanakan tugas pengamanan terkait dengan kegiatan pengamanan yang direncanakan pada hari Senin (27/9/2021).

Proses pengiriman personil Polres Bolmong,menurut Polwan energik berpangkat dua (2) Melati tersebut, diawali dengan apel khusus dihalaman Polres Bolmong, yang sedianya dimulai pukul 08.00 wita. Dimana dalam apel tersebut, seluruh personel akan diberi arahan, sekaligus pengecakan perlengkapan yang diperlukan.

Selanjutnya pada pukul 10.00 wita, masyarakat desa Toruakat yang akan melaksanakan penanaman patok yang berjumlah sekitar 60 orang, akan dikumpulkan dilapangan desa Toruakat dan diberi arahan oleh KABAG OPS, AKP. M. ALI TAHIR, SH., dan Kepala desa Toruakat. ***

Peliput : Ronald

Editor : Prasetyo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed