oleh

Calon Pekerja Migran Indonesia Ke Jepang Tatap Muka Dengan Anggota Dewan Pemkab Talaud

MANADO – Tabloidjejak.co.id. Pertemuan Kelompok Belajar Mandiri (KBM) Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) dengan Ketua Dewan dan Wakil ketua Dewan Kabupaten Talaud untuk tujuan ke Jepang, yang merupakan Program Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud Bupati dr. Elly Engelbert Lasut,ME dan wakil Bupati Drs. Moktar Arunde Parapaga, bertempat di Perum GPI Paniki, Kamis (20-05-2021).

Pertemuan ini bertujuan untuk sosialisasi pencerahan serta Sharing sekaligus saling memberi atau menerima masukan dan membahas beberapa hal yang menyangkut keberangkatan para CPMI ke Jepang.

“Memang sekarang ini angka kemiskinan dan pengangguran sangat meningkat akibat adanya Covid-19 di Indonesia. Maka, Pemerintah Sulawesi Utara terlebih khusus Pemkab Talaud pada saat ini melakukan terobosan untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran yang ada di daerah Sulawesi Utara melalui ketenagakerjaan ke luar Negri dengan tujuan ke Negara Jepang”, ungkap Mangole.

Kebetulan pada saat ini Pemerintah Kabupaten Talaud melakukan terobosan kerja sama dengan Pemerintah Jepang mengenai perekrutan CPMI untuk ke Jepang, yang tentunya melalui beberapa tahap seleksi, jelas Ketua Dewan Pemkab Talaud, Jakop Mangole.

“Hal paling penting dalam program CPMI yaitu, minimal harus menguasai bahasa Jepang dan memperdalam keahlian masing masing atau perdalam basic yang dikuasai tiap peserta CPMI, tambahnya.

“Orang Jepang paling senang dengan masyarakat Indonesia khususnya Sulawesi Utara karena sikap sopan santun saling menghargai itu baik sehingga hal ini membuat senang pemerintah Jepang” ujar Wakil Ketua Dewan Jackmon Amisi.

Adanya Program kerja sama dengan Pemerintah Jepang dibidang tenaga kerja  yang di prakarsai oleh Pemkab Kepulauan Talaud diterima dengan baik oleh pemerintah Jepang terlebih khusus dari Direktur Utama PT. Koba, Mr. Kobayasi.

“Kami dari pemerintah Kabupaten Talaud berharap agar kiranya para CPMI ini untuk serius dan semangat dalam mengikuti pelatihan. Giatlah belajar karena ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami apabila kegiatan ini berhasil dan berjalan dengan baik dan demi kemajuan ekonomi kalian semua,” tutupnya.

Kegiatan pertemuan para CPMI dengan Anggota Dewan Pemkab Talaud ini ditutup dengan jamuan kasih yang disediakan ala kadarnya oleh kelompok belajar Mandiri sebagai CPMI.

Suasana pertemuan ini tetap mematuhi Protokoler pencegahan penyebaran C-19 dengan memakai masker serta disediakan tempat pencucian tangan saat pantauan langsung awak media.

Peliput: Vincent L

Editor: Prasetyo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed