oleh

Bupati Talaud Siap Kirim 2000 Tenaga Kerja Asal Talaud ke Jepang

TALAUD – Tabloidjejak.co.id. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menandatangani MOU di Melonguane Jumat (26/2-2021) untuk menindaklanjuti perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Jepang melalui pihak ketiga yaitu PT Coba.

Bupati Kepulauan Talaud dokter Elly Engelbert Lasut mengatakan perjanjian kerjasama yang tertuang dalam MOU tersebut semata mata memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja asal Talaud yang akan bekerja di Jepang.

Menurut Bupati dokter Elly Lasut program untuk penyediaan sumber pekerjaan baru bagi anak muda Talaud yang kehilangan pekerjaan di daerah lain imbas Pandemik Covid 19 dimaksud, telah direncanakan akan mengakomodir 2000 tenaga kerja.

“Saya sudah menjanjikan kepada pemerintah Jepang untuk mengkonsilidasi 2000 anak muda Talaud untuk bisa bekerja di Jepang,” Jelas E2L.

E2L sapaan akrab Bupati kepulauan Talaud berharap agar para tenaga kerja produktif segera memanfaatkan program penyediaan lapangan kerja di Negara Jepang, mengingat perwakilan pemerintah Jepang selama 4 bulan kedepan akan melakukan pelatihan dan  pengodokan terhadap tenaga kerja produktif asal kabupaten kepulauan talaud yang bersedia bekerja di Negara Jepang.

Gayung bersambut program bupati E2L dimaksud mendapat dukungan dan apresiasi secara luas selain para tenaga muda, pencari kerja dan calon pekerja, justru yang lebih memotivasi adalah pemangku adat di Talaud.

Seperti Mangku Bumi atau Datum Banua Desa Bitunuris Cristian Bastian Aesong menuturkan, bahwa akses terbuka pengiriman tenaga kerja di Jepang selain secara otomatis menekan angka  pengangguran di Talaud, juga akan meningkatkan pendapatan keluarga dan daerah secara umum, termasuk peningkatan roda perekonomian daerah. ***

Peliput : Vincent

Penulis : Vincent

Editor : Henry

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed