oleh

Bupati dan Wakil Bupati Serahkan Bantuan Dampak Covid-19 Bagi Tokoh Agama dan Tokoh Adat Talaud

Melonguane – Tabloidjejak.co.id. Pemerintah Daerah Kab Kepl. Talaud di bawah kepemimpinan Bupati Talaud Dr. Elly Engelbert Lasut, ME dan Wakil Bupati kepl Talaud Moktar Arunde Parapaga, terus membangun sinergitas yang baik dengan Tokoh adat dan tokoh agama yang ada di Kab Kepl Talaud dalam upaya membangun daerah.
Hal ini di buktikan dengan perhatian penuh yang di berikan oleh kedua pemimpin Talaud ini, yang telah mengalokasikan APBD untuk membantu tokoh agama dan tokoh adat yang terdampak covid 19 ini.
Dimana pada Jumat (1/5-2020), bertempat di kediaman Bupati Talaud, secara simbolis bantuan diberikan kepada Tokoh adat yang ada di Kab Kepl Talaud sebanyak 234 orang yakni Ratumbanua, Inanguwanua. Dan penyerahan secara simbolis, hanya di hadiri oleh 26 orang yang merupakan perwakilan dari beberapa Kecamatan.
Bupati Kepl. Talaud dr. Elly Engelbert Lasut, ME dalam sambutannya menyampaikan bahwa, sebagai pimpinan daerah, sangat mengapresiasi peran dan tanggungjawab dari semua Ratumbanua, Inanguwanua dan Ratuntampa yang ada di Kab. Talaud. Dimana tokoh adat merupakan salah satu pilar yang menjadi penyanggah proses pembangunan di daerah.
Dalam masa pandemi covid 19 ini, keadaan ekonomi masyarakat mengalami penurunan, kelesuan ekonomi yang nampak terasa di tengah tengah kehidupan masyarakat. Oleh karena itu selaku pimpinan daerah, maka saya harus mengambil langkah strategis yang sedapat mungkin bisa membantu secara langsung mengatasi kondisi yg terjadi akibat covid 19, lewat bantuan sosial ini.
Bupati juga meminta, kiranya seluruh tokoh adat dapat bersama sama dengan pemerintah desa yang ada dimasing masing desa utk mendukung program pemerintah daerah dalam mengantisipasi covid 19, di antaranya. Dengan menjabarkan Desa Siap pangan, desa cerdas, dan desa tetap sehat.
Tak lupa lupa pula mengingatkan untuk kiranya selalu mematuhi aturan pemerintah dalam rangka pencegahan covid 19 di Kab kepl Talaud.
Dalam kesempatan yang sama pula Wakil Bupati kepl Talaud Moktar Arunde Parapaga menyampaikan beberapa hal, diantaranya bahwa, roda pemerintahan Kab Kepl Talaud dibawah pemerintahan Dr. Elly Engelbert Lasut, ME sebagai Bupati dan Moktar Arunde Parapaga sebagai Wakil Bupati, saat ini berjalan dengan baik.

Kalaupun ada isu isu yang beredar di tengah masyarakat, kiranya para tokoh adat tidak mempercayai hal tersebut. Malahan Wakil Bupati terus meminta kepada seluruh tokoh adat yang ada di kab Talaud agat terus mendoakan kepemimpinan mereka sampai dengan habis masa periode.
Ditambahkan pula, bahwa dalam kepemimpinan selama 5 tahun ke depan, ada agenda pemerintah yang akan dijadikan agenda tahunan Kab kepl Talaud, yaitu Talaud Mengucap Syukur atau seperti di Daerah Minahasa di sebut Pengucapan Atau Thanks giving, dan acara ucapan syukur ini akan di laksanakan setiap bulan Mei minggu pertama, tepatnya hari Minggu di seluruh wilayah Kab Kepl Talaud.
Saat ini, karena adanya pandemi Covid 19, maka ucapan syukur ini, hanya dilaksanakan di rumah rumah ibadah dengan dihadiri oleh paling banyak 10 org. Nanti setelah masa covid 19 ini selesai maka kita akan melaksanakan di rumah masing masing.
Acara ini di tutup dengan penyerahan bantuan sosial secara simbolis kepada 3 orang tokoh adat. Hadir dalam acara ini, Bupati Kepl Talaud, Wakil Bupati Kepl Talaud, Sekretaris daerah Kab Talaud, Kepala dinas Pariwisata, ketua dewan adat talaud bersama pengurus, kabag Humas protokol, kabag TUP, kabag Umum dan perlengkapan Setda. ***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed