oleh

12 Ribu Pemilih Misterius Pilkada Sulut Milik Siapa

MANADO. Tabloidjejak.co.id – Menyeruaknya jumlah pemilih yang diduga membengkak sebesar 12 ribu antara data KPU prov. Sulut dibandingkan dengan data pemilih yang dimiliki pihak Bawaslu, menurut sumber, ketika itu menjadi perdebatan dalam forum rapat yang diselenggarakan di Hotel Four Point Megamas.

Menurut sumber, data pemilih yang menggelembung sangat menonjol ini terjadi ditiga daerah, masing-masing Kabupaten Minahasa Induk, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kota Manado. Sementara disejumlah daerah lainnya, juga menyebar tidak merata walau tidak menonjol dibanding 3 daerah tersebut.

Misalnya untuk Kabupaten Minahasa induk terjadi sangat fantastis atau hampir separuh dari total daftar pemilih. “Hingga kini keputusan daftar pemilih ini, masih simpang siur penetapannya, sehingga belum dapat dipastikan berapa besar jumlah pemilih yang sesungguhnya,” ujar sumber tersebut yang tak mau menyebutkan namanya.  

Ketika krusial pemilih yang bisa membengkak lebih 12 ribu dari yang dimiliki pihak lainnya kepada salah seorang Komisioner Kota Manado bidang penindakan : Taufik, mengakui adanya jumlah pemilih sebesar 12 ribu yang sedang dalam pendalaman.

Menurut Taufik, bukan digelembungkan, namun adanya sejumlah data yang sedang mereka koreksi, antara lain, adanya data yang pemilihnya sudah meninggal, namun masih didatakan. Demikian juga adanya data pemilih orang dari luar daerah dengan data yang tidak jelas.

Namun begitu diminta secara specific maupun tehnis, terkait hal-hal apa saja yang menjadi kendala dan lemahnya system pendataan dan pengelolaan data pemilih hingga terjadi kelebihan yang begitu besar, tiba-tiba telepon genggam Taufik mati, dan wawancara tidak bisa berlanjut.

 Sementara ketua Bawaslu Prov. Sulut, Herwin Malonda yang beberapa kali dikonfirmasi melalui telephon genggamnya nomor 082292220xxx terkait dugaan adanya penggelembungan data pemilih hinga sebesar 12 ribu pemilih, tidak mengangkat teleponnya, walau beberapa kali berbunyi yang menunjukkan hpnya aktif.***

Peliput : Mansur dan Prasetyo

Editor  : Henry

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed