oleh

Pajak Daerah Minsel Penuhi Target 100%

Amurang – Tabloidjejak.co.id. Sehubungan dengan sumber pembiayaan daerah dalam menunjang pembangunan daerah Kabupaten Minahasa Selatan, khusus disektor pajak dan retribusi ditangani langsung oleh Kabidnya Ferdinan Kaseke.

Kepada tabloidjejak.co.id, Kabid Pajak & Retribusi yang akrab dipanggil Dinan yang ditemui diruang kerjanya, menyatakan bahwa untuk mengelolah pendapat daerah, pihaknya secara khusus menangani 8 sumber pendapatan daerah yaitu, sumber pendapatan dari Hotel, Restoran, Hiburan, Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Galian C, Air Bawah Tanah, dan usaha Walet.

Sementara usaha tambang batuan dan pasir, perhubungan, perikanan yang dulu pernah ditangani pihaknya, tidak lagi ditangani, karena telah ditarik pemerintah Provinsi dan Pusat. Dan khusus yang bagi hasil dan beberapa sumber pendapatan lainnya ditangani bidang lainnya.

Dibidangnya sendiri, hanya menangani sekitar delapan (8) sumber pendapatan daerah. Dan dalam upaya meningkatkan pendatan daerah dari sector yang ditanganinya, Dinan memperoleh kendala terbilang serius, yaitu dari masih kurangnya kesadaran membayar pajak dari masyarakat.

Bila petugasnya, turun untuk melakukan penagihan, sering para pengusaha meminta untuk menunda pembayaran dengan muka sedikit masam. Kamipun sebagai manusia, sebenarnya cukup merasa malu karena harus bolak balik menagih dan memberi nasehat dan arahan atas tanggungjawab sebagai wajib pajak.

Namun begitu, menurut Ferdinan, mereka harus bekerja dengan seris dan penuh tanggung jawab untuk memenuhi target yang sudah ditetapkan Pemerintah dan dosepakati Dewan. Dan sukur untuk tahun 2019 ini, bidangnya berhasil hampir seratus persen dapat memenuhi target yang harus dikerjakan dari (8) delapan yang menjadi tanggungjawab bidangnya. Kedelapan target yang dicapai, untuk Hotel dengan target 300 juta, terpenuhi 100 %, Restoran dari target 1,6 M diperoleh hingga 1,7 M terpenuhi 100% lebih, Hiburan dengan target 85 juta terpenuhi 73 %, Reklame dengan target 285 juta terpenuhi 100 %, Pajak Penerangan Jalan dengan target 6,6 M diperoleh 6,4 M terpenuhi 97 %, Galian C dengan target 1,9 diperoleh 2,2 dipenuhi 100 % lebih, Air Bawah Tanah dengan target 248 juta diperoleh 285 juta teroenuhi 100 % lebih dan Walet dengan target 8,5 juta diperoleh 9 juta terpenuhi 100 % lebih. Prasetyo**

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed