Home / Layanan Publik / Pemerintah / Pemlayanpublik / Utama

Kamis, 19 Maret 2020 - 08:20 WIB

Hadangan Perkada APBD 2020 Kab. Minsel Akhirnya Berjalan

Amurang – Tabloidjejak.co.id. Setelah menempuh jalan yang berliku akibat dihambat oleh 16 orang anggota Dewan Kab. Minahasa Selatan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Perindo dan Partai Amanat Nasional, akhirnya Perkada tentang APBD 2020 dapat direalisasikan.

Itupun sebagaimana ketentuan dan procedural yang berlaku sesuai amanah peraturan dan perundang-undangan, Perkada tentang APBD tahun 2020 Kab. Minsel, masih saja ada upaya untuk menghadang dari  sekelompok anggota Dewan Kab. Minsel yang tidak puas.

Tapi sebagaimana ketentuan yang berlaku sesuai prosedur, Pemda Kab. Minahasa Selatan tetap bersikukuh melaksanakan Perkada tentang APBD tahun 2020 untuk segera merealisasikan program Pemerintah supaya dapat dinikmati masyarakat Minahasa Selatan, walau dengan dana yang minim disesuaikan dengan ketentuan pembiayaan tidak lebih dari tahun anggaran 2019.

Baca juga  Menolak Lupa Berita Peresmian RSUD MITRA SEHAT Penuh Kebohongan

Fenomena penghadangan dan penolakan pembahasan APBD tahun 2020 memang sempat menciptakan polemic ditengah-tengah masyarakat yang melahirkan pro kontra pendapat terkait molornya penetapan APBD tahun 2020 antara Perda ataukah Perkada.

Namun sebagaimana ketentuan perundang-undangan yang berlaku, bahwa setelah 60 hari sejak diberikannya Rancangan APBD untuk pembahasan di DPRD tidak dapat diselesaikan hingga akhir tahun masa berlaku, maka diserahkan kepada Gubernur untuk ditetapkan melalui Perkada tentang APBD tahun 2020.

Sayangnya, hingga 30 hari sebagaimana ditentukan peraturan dan perundang-undangan yang ada, Perkada APBD tahun 2020 yang kewenangan penetapannya ditangan Gubernur Sulut, toh tak juga ditandatangani, sehingga masyarakat Minahasa Selatan harus kembali gigit jari menunggu pelaksanaan Program Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan.   

Baca juga  Puluhan Ribu Rakyat Talaud Sambut Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Talaud

Maka lompatan spetakuler dilakukan Bupati Minsel Euguene C. Paruntu langsung mengadakan konsultasi dengan pihak Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri. Berdasarkan hasil konsultasi tersebut diperoleh secara normative harus mengikuti ketentuan yang ada. Dan bila Gubernur tidak melaksanakan kewenangannya, maka Bupati dapat menandatangani Perkada tentang APBD tahun 2020 untuk segera merealisasikan program Pemerintah daerah Kab. Minahasa Selatan.

Anehnya Perkada tentang APBD tahun 2020 ini masih saja mau dihadang oleh sekelompok anggota dewan Kab. Minahasa Selatan. Namun Kamis (19/3-2020) beberapa SKPD terlihat berada di Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Ast Daerah, menunggu giliran menadatangani Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) untuk merealisasikan Program Pemerintah Kab. Minahasa Selatan guna pembangunan bagi masyarakat Minsel sebagaimana tertuang pada Perkada tentang APBD tahun 2020. Prasetyo **    

Share :

Baca Juga

Korupkrim

Oknum JK Hukum Tua Ranoketang Atas Diduga Gelapkan Bantuan Desa

Keamanan

Pembangunan Batalyon Infantri 717

Iptekkes

Menolak Lupa Berita Peresmian RSUD MITRA SEHAT Penuh Kebohongan

Pemlayanpublik

Penarikan Kewenangan & Regulasi ke Provinsi & Pusat Rugikan Pemda Kabupaten

Layanan Publik

Wakil Bupati Kepulauan Talaud Pimpin Apel Kerja di Jajaran Pemkab Talaud

Nusa Utara

Puluhan Ribu Rakyat Talaud Sambut Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Talaud

Kesehatan

Bupati Elly Lasut Bagi Beras Untuk Rakyat Talaud

Hutan

Bencana Urusan Bersama